Sertifikat Elektronik Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LP2KSPS)

Dua unsur tenaga kependidikan yang sangat strategis dan memegang peranan yang sangat penting dan merupakan kunci dalam pengelolaan serta pelayanan di suatau lembaga atau satuan pendidikan. Siapakah dia, jawabannya adalah Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah.

Dengan sebuah jabatan dan memegang peranan yang sangat strategis, seorang pengawas sekolah da pengawas sekolah dituntut untuk memiliki kualifikasi dan kompetensi yang mumpuni, Hal ini dalam pengangkatan Calon Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah harus dilaksanakan secara selektif.
Muhadjir Effendy sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengatakan, Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah dituntut harus lebih visioner dalam menghadapi persaingan global, dengan datangnya revolusi industri 4.0. Saat ini Mendeikbud sedang merintis untuk melakukan proses perubahan peran dan fungsi pengawas sekolah dan kepala sekolah. Untuk ke depannya, jabatan Kepala Sekolah dan Kepala Sekolah merupakan pola karier.


Pelatihan kompetensi
Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Supriano menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk menyinkronkan program serta anggaran yang ada di pusat dan di daerah, khususnya kegiatan yang berkaitan dengan tenaga kependidikan. "Karena ada beberapa hal yang harus didiskusikan bersama, di antaranya berkaitan dengan pembinaan kepala sekolah dan pengawas untuk program 2019," ujar Supriano.

Ia menyatakan, tahun ini calon dan seorang pengawas wajib mengikuti pelatihan pengembangan dan peningkatan kompetensi pemberdayaan sekolah. Pelatihan akan digelar oleh Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LP2KSPS). Lembaga tersebut yang  mengeluarkan sertifikat elektronik kepada pengawas dan kepala sekolah yang lulus pelatihan peningkatan komptensi.

Ia menjelaskan, pelatihan pengawas dan kepala sekolah ini dilakukan di tingkat provinsi. Menurut dia, sertifikat elektronik dibuat untuk memudahkan Kemendikbud dalam mengontrol distribusi kepsek dan pengawas sekolah di daerah.  "Jadi ada kontrol.  Makanya sekarang semua sertifikat harus ada kontrol dari Dirjen GTK, tetapi pengawasan yang tidak merepotkan. Hitungan menit, detik, begitu dikirim ke pusat datanya di detik yang sama barcode-nya itu akan sampai ke pengirim," ujar Supriano.

Jika menginginlan untuk meiliki artikel ini, silahkan unduh di bawah ini.
  • Unduh Sertifikat Elektronik Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LP2KSPS)
Bonus :
Panduan Kerja Pengawas Sekolah Dasar dan Menengah
Demikianlah informasi tentang Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah. Semoga dengan adanya ini awal dari kesejahteraan Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah akan meningkat. Amiin
Klik Bagikan sebelum Download